Selasa, Maret 03, 2009

Penyebab Bau Mulut

.

Kita mungkin sering merasa tidak PD gara-gara Bau Mulut. Mau jawab salam dari temen aja rasanya berat banget gara-gara bau mulut. Kita juga tidak mau kan kalo orang ngobrol sama kita mereka tutup hidung, atau malah pake masker. Itu hanya gara-gara aroma yang ga sedap dari mulut kamu.

Bau mulut sendiri sebenarnya banyak sekali penyebabnya.

Kebanyakan, ini berkaitan dengan kebersihan mulut yang tak terjaga, selain gigi berlubang, infeksi gusi. dan xerostomia. Yang terakhir berciri mulut kering, air ludah kental dan sering merasa harus membasahi kerongkongan. Umumnya xerostomia disebabkan oleh dehidrasi, stres, pemakaian obat kumur mengandung alkohol, usia lanjut, radioterapi, dan obat-obat tertentu seperti antidepresen, antiasma, dan antihistamin (anti-alergi).Penyakit atau kelainan yang lebih serius bisa juga menyebabkan bau mulut. Misalnya, perubahan hormon, gangguan pencernaan, sinusitis, infek amandell, bahkan kanker, diabetes, bronkitis kronis dan gangguan hati serta ginjal. "Jika problem bau mulut ini muncul tiba-tiba, memburuk dalam waktu cuma beberapa hari atau minggu, atau dibarengi dengan demam, batuk atau gejala lain, segera periksakan diri ke dokter, karena ditakutkan itu sebuah penyakit.

Atau pada pagi hari saat kalian bangun tidur itu penyebabnya karena;

Air liur kalian mengalir dengan begitu lambat, bahkan bisa berhenti. Artinya tidak ada penahan bakteri, hanya sedikit oksigen yang masuk, hampir tak ada gerakan lidah. Semua ini menjadi tanda bagi bakteri untuk berkembang. Selama tidur, kalian memproduksi dua generasi bakteri baru berikut produk buangan mereka yang disebut Volatile Sulphur Compounds.

Lendir di daerah hidung menebal. Ketika hal ini terjadi, lendir dapat menempel dengan kuat ke dinding dalam hidung dan sulit dilepaskan. Lendir hidung ini memiliki kadar protein tinggi, dan menjadi sumber makanan yang sedap bagi bakteri mulut.

Bakteri penyebab infeksi gusi kronik juga menyebabkan bau mulut. Orang-orang dengan kadar vitamin D dan vitamin C penguat gusi juga ada kemungkinan mengalami bau mulut.

Merokok, kalo kalian penganut aliran perokok itu juga salah satu penyebab bau mulut.

Sebenarnya bau mulut bisa cegah dengan menjaga kebersihan mulut kalian, minimal sikat gigi 2 kali sehari dan membersihkan lidah kalian.

    Interaktif