Kamis, Maret 05, 2009

Memetakan Batas Desa dan Kecamatan di Cilacap Menggunakan Satelit

.
6 komentar

Pagi ini aku mencoba-coba buka-buka internet, berhubung lagi ga ada kerjaan jadi bukanya juga ngawaur aja. Molai dari detik.com, buat liat nilai tukar rupiah terhadap dolar, sampe Friendster juga aku kunjungin cuma buat sekedar komen sekalian menyapa temen-temen di YM (Yahoo Messenger).

Tiba-tiba aja aku kepikiran buat nyari kota kelahiranku di Dunia Maya, Sapa tahu ja ada info yang terlewatkan dari kota ini, soalnya aku emang KUPER kalo ditanya soalkota kelahiranku. hehehehehe

Pas lagi molai meluncur ke TKP, eh langsung dianter ke alamat web www.cilacapkab.go.id itu web pemerintah kabupaten Cilacap. Dan disitu ada info yang keren, ternyata kabupaten ini sudah berbasis IT juga dalam pemetaan Desa dan Kecamatan.

Sejak Akhir tahun 2008 Kabupaten Cilacap sudah punya peta batas administerasi desa dan kecamatan yang katanya akurat (tapi ga tau juga soalnya aku juga belom liat) peta ini dalam format digital dan cetak. Katanya peta digital ini sudah bisa diakses lewat web, tapi udah aku cari di Web-nya ko ga ketemu, kau yang ga teliti apa emang belum di masukin ke Web-nya. Heheheheh. Atau bisa juga kalian lihat lewat Google Earth.

Menurut Kepala Bapeda Cilacap, Drs Ajar Mugiono melalui Kabid Perencanaan Pembangunan Daerah Hamzahmenjelaskan kalau dari hasil pemetaan batas desa secara digital diketahui bahwa ternyata luas wilayah Kabupaten Cilacap lebih luas, dari yang selama ini diketahui yakni seluas 225.360,84 hektar. Hasil pemetaan batas desa secara digital dan dihitung secara teliti menggunakan software Er mapper luas Kabupaten Cilacap bertambah menjadi 9.436,56 hektar. Dengan demikian luas wilayah Kabupaten Cilacap seluruhnya adalah 234.797 hektar. Hasil pemetaan batas menggunakan tekhnologi mutakhir tersebut merujuk kepada berbagai dokumen dan data-data penting yang terkait dengan batas wilayah sebagai rujukan.

Dan tambahan dari Hamzah, selain merujuk dari berbagai dokumen telah pula dilakukan survei lapangan dengan melakukan verifikasi ke masing-masing kantor pemerintahan kecamatan yang kemudian diteruskan ke desa-desa. Berbagai instansi terkait di lingkungan Pemkab Cilacap ikut serta berperan aktif dalam bentuk rapat koordinasi,seperti BPN, Dinas Kehuatan,Perhutani, BPKSA, Kantor pemerintah Kecamatan dan Desa.

Dikatakan, peta batas administrasi desa sekaligus batas wilayah itu dapat diakses oleh semua pihak. Diharapkan dengan adanya peta digital ini dapat memberikan kontribusi yang besar dalam perencanaan dan pengelolaan pembangunan bagi semua instansi terkait dilingkup Kabupaten Cilacap. Pemetaan tersebut memberikan data luas desa dan kecamatan baru yang sesuai dengan kondisi eksisting di lapangan.Dalam Proses alih teknologi dan pengembangan SDM Kabupaten Cilacap, telah diberikan pelatihan teknis penggunaan teknologi satelit mutakhir khususnya untuk pemetaan batas wilayah, sumberdaya alam, perencanaan wilayah dan evaluasi kawasan, yang diikuti oleh 30 peserta dari berbagai dinas dan instansi terkait.

Mungkin melalui permulaan ini masyarakat Kabupaten Cilacap bisa memanfaat kecanggihan IT untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, apa lagi sekarang katanya sudah ada Hotspot di Alun-alun kota Cilacap. Wah makin maju aja ini kota, soalnya udah lama ga ke Cilacap. Hehehehehe

Selengkapnya.....

Selasa, Maret 03, 2009

Penyebab Bau Mulut

.
3 komentar

Kita mungkin sering merasa tidak PD gara-gara Bau Mulut. Mau jawab salam dari temen aja rasanya berat banget gara-gara bau mulut. Kita juga tidak mau kan kalo orang ngobrol sama kita mereka tutup hidung, atau malah pake masker. Itu hanya gara-gara aroma yang ga sedap dari mulut kamu.

Bau mulut sendiri sebenarnya banyak sekali penyebabnya.

Kebanyakan, ini berkaitan dengan kebersihan mulut yang tak terjaga, selain gigi berlubang, infeksi gusi. dan xerostomia. Yang terakhir berciri mulut kering, air ludah kental dan sering merasa harus membasahi kerongkongan. Umumnya xerostomia disebabkan oleh dehidrasi, stres, pemakaian obat kumur mengandung alkohol, usia lanjut, radioterapi, dan obat-obat tertentu seperti antidepresen, antiasma, dan antihistamin (anti-alergi).Penyakit atau kelainan yang lebih serius bisa juga menyebabkan bau mulut. Misalnya, perubahan hormon, gangguan pencernaan, sinusitis, infek amandell, bahkan kanker, diabetes, bronkitis kronis dan gangguan hati serta ginjal. "Jika problem bau mulut ini muncul tiba-tiba, memburuk dalam waktu cuma beberapa hari atau minggu, atau dibarengi dengan demam, batuk atau gejala lain, segera periksakan diri ke dokter, karena ditakutkan itu sebuah penyakit.

Atau pada pagi hari saat kalian bangun tidur itu penyebabnya karena;

Air liur kalian mengalir dengan begitu lambat, bahkan bisa berhenti. Artinya tidak ada penahan bakteri, hanya sedikit oksigen yang masuk, hampir tak ada gerakan lidah. Semua ini menjadi tanda bagi bakteri untuk berkembang. Selama tidur, kalian memproduksi dua generasi bakteri baru berikut produk buangan mereka yang disebut Volatile Sulphur Compounds.

Lendir di daerah hidung menebal. Ketika hal ini terjadi, lendir dapat menempel dengan kuat ke dinding dalam hidung dan sulit dilepaskan. Lendir hidung ini memiliki kadar protein tinggi, dan menjadi sumber makanan yang sedap bagi bakteri mulut.

Bakteri penyebab infeksi gusi kronik juga menyebabkan bau mulut. Orang-orang dengan kadar vitamin D dan vitamin C penguat gusi juga ada kemungkinan mengalami bau mulut.

Merokok, kalo kalian penganut aliran perokok itu juga salah satu penyebab bau mulut.

Sebenarnya bau mulut bisa cegah dengan menjaga kebersihan mulut kalian, minimal sikat gigi 2 kali sehari dan membersihkan lidah kalian.

Selengkapnya.....

Minggu, Januari 25, 2009

Mimpi Berujung Hidayah

.
7 komentar

Pagi ini tidak seperti pagi sebelumnya, bukan karena suhunya yang dingin tapi lebih karena aku bisa bangun lebih pagi, hehehehehe maklum aku kuliah malam jadi kalo siang waktumya untuk tidur. Langsung aja rutinitas harian aku jalanin (chatting), pas aku buka YM eh ada email masuk pas aku liat isinya cerita dari sahabat di New York. Karena aku pikir ceritanya bisa untuk motifasi para ulama dan kita orang muslim, jd aku posting aja. Kaya gini nih ceritanya......

Sekitar sebulan lalu, pada kelas Islamic Forum for non Muslims, hadir seorang pria berkulit hitam dengan rambut panjang yang diikat. Terlihat cukup menyeramkan, tapi sejak awal hadir di kelas itu dia nampak sopan dan sesekali tersenyum. Rambut panjang yang terikat, lengannya yang bertatto serta jari jemarinya yang dipenuhi cincin berwarna perak, cukup menarik perhatian.

Hari itu pembahasan berkisar Kalender Islam, Tahun Baru dan Hijrah. Pria itu nampak sekali pendiam, bahkan ketika yang lain ramai bertanya, dia hanya nampak memperhatikan dengan seksama dan sesekali mengangguk pertanda setuju.

Di Islamic Forum biasanya memang saya tidak mulai dengan bertanya kepada semua yang baru hadir. Khawatir jika ada di antara mereka yang memang hadir untuk sekedar dengar-dengan dan tidak ingin diekspos. Tapi jika mereka pada akhirnya mereka tinggal dan memperlihatkan keseriusan, di situlah biasanya saya melakukan dialog secara serius.

"Hi my friend, is this your time to this class?", tanyaku padanya.

Dengan tersenyum pria itu nampak terkejut, mungkin tidak menyangka saya akan langsung bertanya kepadanya. Apalagi, dalam benak sebagian non Muslim, seorang Imam itu adalah sosok yang sacral dan terhormat, mungkin mirip-mirip pendeta atau bahkan mungkin lebih.


"Hi sir!.. Yes, this is my first day to a mosque", jawabnya santai sambil merubah posisi duduknya.

"And what is your name my Brother!", tanya saya mencoba menyelami.

"Danes!", jawabnya singkat.

"Sorry to ask, but how did you know about this forum?", tanyaku lagi.

"I got it from an internet search, sir!", jawabnya.

Saya terkejut sebab rasanya belum pernah saya membuat pengumuman di internet atau advertisement lewat online. Ternyata, dia mencoba menelusuri mesjid-mesjid di kota New York dan pada akhirnya ketemu dengan Islamic Cultural Center of New York, dan di salah satu bagian dari ICC-NY itu ada program ini.

"Danes, what really made you interested to learn Islam?", pancingku.

Nampak pria itu sedikit serius, tapi kemudian melihat teman-teman lain sambil tersenyum. "I think…I hope this is not a non sense to you all", katanya sambil melihat peserta Islamic Forum yang lain.

Saya kemudian menyelah, "nothing is non sense in this class. Nothing is considered stupid question in this class", jelasku.

Sambil menarik napas dia menjelaskan bahwa sejak beberapa bulan terakhir ini dia selalu gelisah. Gelisah karena beberapa malam sebelumnya, dan bukan hanya sekali atau dua, tapi menurutnya beberapa kali bermimpi ketemu dengan adiknya. Adik yang bernama Derick itu yang menurutnya meninggal dua tahun lalu.

"And so what really made you decide to learn Islam?", tanyaku.

"My brother was a Moslem, and practicing Moslem", jelasnya.

Dia kemudian bercerita banyak mengenai adiknya, yang menurutnya sebelum masuk Islam santat brutal. Selalu berkelahi dan lebih tragis lagi, sering keluar masuk penjara karena berbagai kejahatan yang dilakukannya. Akhirnya, di penjaralah dia menemukan seorang Muslim dan akhirnya mendapat hidayah.

Sementara Danes sendiri adalah seorang Kristen. "I still remember, on Sunday I went to the Church, but my Brother was so dedicated and he always had his cap (kopiah putih) on every time", jelasnya. Walaupun dia mengakui bahwa dia ke gereja tidak lain karena itulah yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarganya setiap hari Minggu. "I felt it's more a family thing than religious", akunya.

Saya kemudian meminta maaf kepada peserta Islamic Forum yang lain karena saya akan kembali berbicara mengenai dasar-dasar Islam. "Sorry guys! I have to talk about things we had talked many times before", kataku.

Saya jelaskan ke Danes bahwa Islam adalah agama yang diturunkan oleh Tuhan kepada hamba-hambaNya melalui para rasul, termasuk yang terakhir Isa A.S. Bahwa pada intinya, semua nabi dan rasul membawa ajaran yang sama. Barangkali yang berbeda adalah syariah atau hukum-hukum praktis, yang sudah pasti berbeda dari masa ke masa, sesuai dengan keadaan masing-masing.

Sedikit panjang lebar saya menjelaskan mengenai dasar-dasar Islam dengan bertolak dari prinsip "Tauhid" (Unity). Saya katakana kepada Danes, semua usur bangunan Islam itu dibangun di atas dasar Tauhid (Oneness), yang pada intinya memiliki empat sisi:

1. Kesatuan (oneness) Tuhan (Tauhid Allah).
2. Kesatuan Ajaran (Islam)
3. Kesatuan Manusia (insaniyah/basyariy ah)
4. Kesatuan Hidup (Pengabdian kepada Allah)


Tanpa terasa konsep Tauhid dengan empat sisi ini saya jelaskan hampir sejam dan tanpa selingan kata dari semua peserta, termasuk Danes. Pada akhirnya saya bertanya kepada Danes, apakah ada hal-hal lain yang ingin ditanyakan?

Danes dengan sedikit tersenyum hanya menggelengkan kepala. Dan bersamaan pula sang mu'azzin mengumandangkan azan untuk shalat Asr. Semua peserta secara teratur meninggalkan ruangan, tapi Danes masih terlihat duduk dan mewmberikan isyarat dengan jarinya jika dia ingin berbicara secara pribadi.

Setelah semua peserta bubar untuk shalat Asr, termasuk non Muslims, biasanya ikutan shalat, Danes duduk bersama saya sambil menunggu Iqamah dalam masa 10 menit.

"Sir, I really had thought this for the last hew days, but did not know what to do", dia memulai.

"What did you mean?", tanyaku.

"I am thinking to convert to Moslem", jawabnya tegas.

"Really? Are sure that this is the religion, the truth that you are looking for?", pancingku.

"Yes sir!", jawabnya lebih tegas lagi

Segera saya memanggil security untuk menunjukkan Danes kamar mandi. Saya meminta agar dia diajari berwudhu, kemudian ajaklah dia ke ruang shalat.

Beberapa menit kemudian saya menuju ruang shalat. Tapi sebelum dilakukan iqamah, saya memberikan shalat kepada jama'ah dan mengumumkan bahwa alhamdulilah, Allah telah memberikan hidayah kepada salah seorang hambaNya, dan kita ingin jika hamba ini masuk islam sebelum shalat Asr dimulai agar dia bisa melakukan shalat pertamanya bersama kita.

Saya kemudian meminta Danes maju ke depan, dan dengan mata yang berkaca-kaca dia nampak khusyuk mengikuti: "Ash-hadu an laa ilaaha illa Allah- wa ash-hadu anna Muhammadan Rasul Allah".

Ratusan jama'ah yang hadir mengagumkan kebesaran Allah dengan pekikan "Allahu Akbar!".

Semoga Danes tumbuh dalam keimanan, tegar dalam keislaman dan menjadi pejuang di jalanNya! Amin!


New York, 23 Januari 2009

Pemilik Cerita M. Syamsi Ali

Selengkapnya.....

Minggu, Januari 18, 2009

Andai Aku Bertemu Bapak Presiden (Gerakan Indonesia bangkit)

.
10 komentar

Saat ini Negara kita tercinta sedang terpuruk baik itu bidang ekonomi atau social budayanya. Ekonomi kita kalo saya ibaratkan sebuah kuda, sedangkan Negara-negara Besar sebage pak kusir yang bias membawa kuda kemana saja (aku ga mau nyebut nama Negaranya soalnya ini bukan waktunya kita untuk menghujat Negara lain tapi perbaiki aja dulu Negara kita ini). Begitu juga aspek sosial budaya, masyarakat Negara ini lebih berkiblat pada Negara Barat. Jadi aku ikut program GERAKAN INDONESIA BANGKIT yang diadakan oleh http://sebuaharti.blogspot.com

Oke langsung aja ketopik, kalo saja saya bertemu bapak Presiden pertama yang saya tanyakan keadaan, bukan keadaan beliau tapi keadaan rakyat beliau.

1. Bapak sudah tau keadan rakyat bapak hari ini, yang di Sidoarjo sana….??
2. Eh iya orang yang baru digusur rumahnya itu sekarang tidur dimana ya pak…..??
3. Apa orang yang semalam tidur dipinggir jalan, hari ini sudah makan….??
4. Itu padi petani ko harganya murah, apa biar harga beras juga murah….?? Tapi kenapa ga diimbangi kebutuhan petani yang murah, pupuk saja mahal kadang-kadang malah langka…..??
5. Untung saja ada BLT ya pak, jadi rakyat miskin terbantu…..Tapi sudah tepat sasaran belum….?? Apakah ini efektif….??
6. Kemarin di tempat saya ada maling mati dipukuli, padahal Cuma ngambil ayam. Tapi koruptor ko malah senyum-senyum masuk TV kaya artis….??



Aku bertanya seperti itu biar jadi koreksi saja, untuk mewujudkan Indonesia yang rakyatnya makmur. Lewat GERAKAN INDONESIA BANGKIT ini aku ingin masyarakat Indonesia untuk bangkit. Kalo cuma aku yang rakyat kecil ini, mengajak orang untuk bangkit mana mungkin ada yang dengerin, beda kalo Bapak Presiden yang bilang pasti ada wibawa tersendiri yang membuat rakyat bangkit. Berhubung aku ga mungkin ketemu Pak Persiden, jadi aku sampein aja lewat progaram http://sebuaharti.blogspot.com yang sedang ngadain program Lomba web atau blog tentang GERAKAN INDONESIA BANGKIT.

Aku juga tau kalo semua ini bukan hanya Negara saja yang harus merubah, jadi AYO RAKYAT INDONESIA KITA BANGKIT BERSAMA.


Udah dulu ah aku mau tidur soalnya dari semalem aku ga bias tidur

Oh iya apa yang mau kalian lakukan kalo ketemu sama bapak presiden…..?? mau minta tanda tangan…foto bareng atau apa….??
Beri tanggapan sama artikel ini ya….?? Untuk referensi bersama


Artikel ini aku buat untuk mendukung program GERAKAN INDONESIA BANGKIT yang diadakan oleh http://sebuaharti.blogspot.com

Selengkapnya.....

    Interaktif