Selasa, Januari 13, 2009

Gerhana Matahari Menyapa Indonesia

.

Helo temen-temen ada kabar baru nih yang Q dapat dari baca-baca diforumku....yaitu soal gerhana matahari. Setelah sekian lama tidak terjadi dinegara kita ini akhirnya Gerhana matahari akan segera menyapa nusantara ini. Tidak tanggung-tanggung kawan, ini 3 gerhana matahari terjadi secara berturut-turut akan melewati Indonesia dalam rentang waktu 2009-2010. waw keren.....(iya memang jarang) Tapi Sayangnya, tidak semua bagian di wilayah Indonesia dapat melihat fenomena ini. Karena, ketiga gerhana ini cuma melewati bagian barat dan utara Indonesia saja.

Pada tahun 2009 ini tercatat ada dua gerhana matahari yang akan melewati Indonesia yakni pada tanggal 26 Januari 2009 dan tanggal 21 atau 22 Juli 2009, dan gerhana
matahari akan kembali menyapa pada tanggal 15 Januari 2010. Fenomena ini
sangat disayangkan untuk dilewatkan, karena gerhana matahari baru akan
menyapa kembali pada tahun 2016 (masih lama tu mas.....), iya memang masih 7 tahun lagi baru akan terjadi lagi. Ya kalo kita masih bisa menyaksikan, sapa tau aja Tuhan berkata lain....(ceile agamis banget) biyasa gue gitu, hehehehehe (weh..weh...weh ko malah jadi kepedean gitu)

Oke lebih rincinya waktu dan dimana bisa dilihat itu seperti ini:

1.Gerhana Matahari Sebagian tanggal 26 Januari 2009

Gerhana pertama dalam tahun ini adalah gerhana pada tanggal 26 Januari 2009 yang bertepatan pada hari libur Imlek. Gerhana ini dapat dilihat oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia molai dari Banda Aceh sampai Ambon.
Bagi yang tinggal di daerah Lampung, Samarinda dan Teluk betung, bulan menutup hampir seluruh bagian matahari. Gerhana ini terjadi pada waktu sore hari sekitar pukul 15.00-16.00.

Yang perlu diperhatikan bahwa jenis gerhana ini adalah gerhana matahari anular atau bukan total artinya ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh piringan matahari. Berbeda dengan gerhana matahari total di mana bulan menutupi seluruh piringan matahari. Jadi, untuk melihatnya, perlu digunakan lensa pelindung mata, serta bagi fotografer, ingat untuk melindungi lensa kameranya sebelum mengabadikan fenomena langka ini.

2. Gerhana Matahari Total, tanggal 22 Juli 2009

Sayangnya Gerhana ini cuma dapat dinikmati oleh mereka-mereka yang tinggal dibagian utara Indonesia seperti: Banda Aceh, Jayapura, Manado, Medan, Padang, Palu, Pekanburu, Pontianak, Samarinda, Sorong, Ternate. Jenis Gerhana ini adalah gerhana Matahari Total, namun di Indonesia bulan hanya akan menutup sebagian kecil dari matahari. Jika ingin melihat gerhana matahari total ini secara full, kalian bisa ke Shanghai, karena dari sanalah Bulan akan menutupi seluruh bagian matahari.

3. Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Fenomena alam ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang tinggal dibagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta. Sedang bagian Timur Indonesia sudah keburu malam ketika bayangan bulan melewati bagian sana.

Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan cuma akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina sana, sehingga di Indonesia cuma tertutupi sebagian kecil bayangan Bulan.

Jadi kalo kalian mau lihat Gerhana Matahari total....Maen aja ke Shanghai tanggal 22 juli nanti....apa ke india dan cina pada tanggal 15 januari 2010 besok, ya sambil liburan gitu....masa liburan cuma ke Ngasem (pasar burung di Jogja) aja.



Oke ungkin begitu saja infonya.....kalo mau cari info yang lebih banyak buka aja Google atau Yahoo, disana mesti lebih banyak infonya dari pada ini.

4 comments

filiz mengatakan...

wah bagus banget nih infonya makasih bozzz.........

Abiagi Smith mengatakan...

ko judulnya ger hama, nanti yang keluar hama dong..hihi..kiding..

IPA1 MUGA YOGYAKARTA 2008 mengatakan...

oh iya mas abiagi....makasih y buat koreksinya aku malah g sadar dari dulu



hehehe

Ir. hydir mengatakan...

memang gerhana akan berlaku nanti...
jgn lupa solat gerhana ya :)

    Interaktif